GERMAS: Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Upaya Memperhatikan Kesehatan Masyarakat Desa Langda

Desa Langda, Kecamatan Buntu Batu, Kab. Enrekang Menyelenggarakan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS), Sabtu, 22 Juli 2023.
Dokumentasi Pribadi

Puskesmas Kecamatan Buntu Batu memiliki program kerja rutin setiap bulan untuk melakukan pengecekan kesehatan lansia, salah satunya pada masyarakat Desa Langda. Hal ini akan dimulai pada Dusun Pewa, kemudian Dusun Rakda, dan yang terakhir di Dusun Lamba dan Belalang. Posyandu lansia ini telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Juli 2023 di Lapangan Voli dusun Lamba yang diikuti sekitar kurang lebih 50 orang. 

Posyandu lansia ini bertujuan untuk memeriksa kesehatan masyarakat dan mengetahui tingkat kesehatan masyarakat desa Langda, serta sebagai salah satu upaya agar masyarakat desa langda menjadi masyarakat yang sehat dan sejahtera sesuai dengan Visi Misi Desa Langda.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan, tapi hitungannya pertiga bulan di setiap Dusun. Jadi tenaga kesehatan bisa tau apakah kesehatan masyarakat Desa Langda stabil atau ada yang sedang mengalami sakit nanti akan segera diarahkan untuk ke Puskesmas dan ditindaki lebih lanjut,” ucap Tenaga Kesehatan, Dilla.

Antusias Masyarakat Desa Langda sangat tinggi terlihat dari ramainya yang ikut serta saat pelaksanaan senam jantung dan dilanjut dengan makan buah, kemudian ditutup dengan edukasi kesehatan dan pemeriksaan kesehatan yang dimulai dari pemeriksaan berat badan, lingkar perut, tensi, dan pengecekan gula darah, kolestrol dan asam urat. Selain itu juga dilaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan mengecek air pada rumah-rumah warga agar terhindar dari sarang jentik-jentik atau nyamuk. Kegiatan ini tidak selalu ditujukan untuk masyarakat lansia, pemeriksaan ini juga ditujukan untuk masyarakat yang berumur 15 tahun keatas. Saat berjalannya kegiatan juga diiringi dengan lantunan musik dan karoke bagi yang ingin menyumbangkan suaranya untuk meramaikan suasanan.

Bukannya hanya menjadi salah satu wadah untuk mengecek kesehatan warga, posyandu Lansia ini juga sebagai bentuk hiburan dan mempererat tali silaturahmi sesama warga Desa Langda.

Dokumentasi Pribadi (22/07).

KKNT 110 UNHAS 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *